Cerita Nyi Roro Kidul Lengkap Dengan Gambar

Cerita Nyi Roro Kidul ini kami tulis ulang dari salah satu penerbit ternama di jakarta yaitu bintang Indonesia. Kalian yang tinggal di kepualauan jawa pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama nyi roro kidul atau ratu pantai selatan. Biar tidak semakin penasaran yuk kita baca bersama ceritanya dibawah ini.

Cerita Nyi Roro Kidul

Pada zaman dahulu kala ada seorang raja yang hendak menurunkan tahta kerajaan, namun ia bersedih karena tidak mempunyai keturunan seorang putra melainkan seorang putri yang cantik bernama Kadita. Pada kemudian hari sang raja memperistri dewi mutiara untuk memperoleh seorang putra.

Cerita Nyi Roro Kidul

Tak lama menikah dengan sanga raja Dewi Mutiara mengandung seorang putra, Namun atas kehamilanna itu, ia banyak permintaan kepada raja yang harus selalu dituruti. Semakin lama permintaan Dewi Mutiara semakin aneh, namun sang raja tetap menurutinya.

Dewi Mutiara meminta kepada sang raja agar putrinya yang cantik itu diusir dari kerajaan. Ini sungguh permintaan yang tak dapat di turuti oleh sang raja, karena tidak dituruti permintaanya itu Dewi Mutiara menyimpan rasa dendam dalam hatinya.

Cerita Nyi Roro Kidul

Suatu hari, Dewi Mutiara memanggil seorang tukang sihir. yang menyuruhnya untuk membuat tubuh kadita menjadi kudis dan berkurap. Karena ada imbalan yang banyak akhirnya penyihir itu menyanggupi permintaan dewi mutiara.

Malam harinya, saat Kadita sedang terlelap, berhembus angin ke dalam kamarnya. Angin itu berbau busuk, mirip bau bangkai. Pagi harinya Kadita terbangun, ia menjerit. Seluruh tubuhnya penuh dengan kudis, bernanah dan sangat berbau tidak enak.

Cerita Nyi Roro Kidul

Sang raja mendengar berita ini sangat sedih hatinya, ia mengundang banyak tabib untuk menyembuhkan penyakit putrinya. Namun beliau sadar bahwa penyakit putrinya itu tidak wajar, seseorang pasti telah mengutuknya atau mengguna-gunainya.

Masalah yang terjadi semakin rumit. "putrimu akan mendatangkan kesialan bagi seluruh negeri," Kata Dewi Mutiara. Karena sang raja tidak ingin putrinya menjadi gunjingan diseluruh negeri, akhirnya beliau terpaksa menyetujui usul dewi mutiara untuk mengirim putrinya keluar dari negeri itu.

Cerita Nyi Roro Kidul

Maka berangkatlah kadita seorang diri. Walaupun perasaanya sangatlah sedih, namun kadita tidak memendam dan membenci orang yang membencinya. "Aku yakin, tuhan akan membalas atas semua yang menimpa diriku" ujar kadita sambil terus menangis.

Siang dan malam ia berjalan, dan sudah tujuh hari tujuh malam waktu ditempuhnya, hingga akhirnya ia tiba di pantai laut selatan. Kemudian berdiri memandang luasnya lautan. Ia bagaikan mendengar suara memanggil aga ia menceburkan diri ke dalam laut.

Cerita Nyi Roro Kidul

Semakin lama suara itu semakin terdengar, sehingga membuat Kadita penasaran dan emngikuti panggilan tersebut, ia berjalan terus menuju laut lepas, begitu tersentuh air, tubuhnya pulih kembali. Tak ada sedikitpun bekas kudis ataupun kurap, ia bahkan nampak lebih cantik dari sebelumnya.

Cerita Nyi Roro Kidul

Tak hanya itu, ia segera menguasai seluruh lautan dan isinya dan mendirikan kerajaan yang megah, kokoh, indah dan berwibawa dengan ribuan pasukan yang senantiasa mendampinginya. Dialah kini yang disebut ratu laut selatan.

Dari Cerita Nyi Roro Kidul kita dapat mengambil kesimpulan, Janganlah menyimpan rasa dendam kepada orang lain karena itu merupakan perbuatan yang tidak baik. Semoga dengan adanya cerita ini kalian jadi semakin tahu sejarah yang ada di Indonesia.