Kisah Nabi Ayub Lengkap Dengan Gambar

Assalammualaikum adik-adik semua, di kesempatan yang berbahagia ini saya ingin berbagi Kisah Nabi Ayub AS yang menceritakan tentang ikhlas dan sabar dalam menghadapi cobaan serta kuat dalam menghadapi godaan dari iblis yang terkutuk. Yuk langsung saja kita baca bersama.

Kisah Nabi Ayub Lengkap Dengan Gambar

Nabi Ayub adalah salah satu nabi yang ke merupakan cucu nabi Ishaq bin Ibrahim AS. Beliau adalah salah satu nabi yang memiliki kekayaan sangat berlimpah dan juga hewan ternak yang banyak. Meskipun berlimpah dengan banyak harta beliau tidak sombong dan selalu berbagi kepada sesama manusia. Karena sifat baik hatinya itulah membuat iblis sangat membenci nabi ayub dan menyerangnya bertubi-tubi.

Iblis ingin sekali meruntuhkan iman nabi ayub, karena itulah pasukan iblis menyerang dengan begitu sangat kesal, yang pertama adalah menyerang hewan ternak dan membakar perkebunan nabi ayub tapi keimanan nabi ayub tidaklah goyah dan tetap bersyukur kepada allah. Karena iblis masih bersikukuh ingin menyerang nabi ayub, lalu mencoba mengoyangkan rumah nabi ayub sehingga membuat rumah nabi ayub rubuh dan menimpa kedua anaknya sehingga meninggal dunia.

Tapi nabi ayub tetaplah ikhlas dengan apa yang sudah menimpa dirinya, meski ia sempat bersedih dan menangis kehilangan kedua anak kesayangannya itu. Karena nabi ayub masih memiliki iman yang kuat dan ikhlas dengan cobaan itu, beliau tetap bersyukur kepada allah dan tetap tekun beribadah lalu karena iblis sudah semakin kesal akhirnya menaburkan penyakit ke sekujur tubuh nabi ayub.

Kisah Nabi Ayub Lengkap Dengan Gambar

Beliau kini dipenuhi dengan penyakit disekujur tubuhnya, karena penyakitnya itu tidak ada obatnya membuat beliau harus pergi meninggalkan tempat tinggalnya dan pergi jauh dari pemukiman masyarakat. Beliau hanya tinggal berdua dengan istrinya yang jauh dari lingkungan masyarakat selama bertahun – tahun tapi karena ada sesuatu yang ingin beli ke kota istrinya yang bernama Rahma meninggalkan nabi ayub seorang diri di rumah.

Saat itu nabi ayub memanggil istrinya tapi tak ada yang menyautinya, ia merasa kesal dan bersumpah akan memukul rahma hingga sebanyak seratus kali ketika ia pulang nanti. Saat itu beliau mendapat petunjuk untuk menggebrak tanah dengan kakinya lalu seketika itu juga air yang sangat jernih keluar dari situ dan beliau juga mendapat petunjuk untuk membasuh penyakitnya dengan air itu.

Akhirnya penyakitnya sembuh, kulitnya menjadi bersih seperti sediakala dan juga mukanya cerah seperti sebelumnya. Lalu istrinya pulang kerumah dan meminta maaf karena keluar rumah tidak izin lebih dahulu. Namun karena tadi beliau sudah bersumpah untuk memukul istrinya hingga seratus kali tetapi tidak jadi karena nabi ayub mendapatkan petunjuk untuk mengambil seratus helai rumput lalu mengikatnya satu persatu dan kemudian pukul istrinya dengan satu helai rumput itu ke istrinya sebanyak seratus kali.

Ia sebenarnya berat hati melakukan itu, akan tetapi istrinya mau untuk menerima pukulan itu karena tidak terasa sakit. Karena beliau sudah sembuh dari penyakitnya, kini tidak ada lagi manusia yang menjauhinya. Setelah menerima ujian itu dan atas kesabaran nabi ayub kini beliau diberikan lagi harta yang berlimpah oleh allah.

Itu adalah kisah nabi ayub yang memiliki kesabaran yang sangat luar biasa, semoga dari cerita di atas kita dapat mengambil pelajaran, agar kita selalu ikhlas dan sabar dalam menghadapi segala cobaan yang kita terima, karena kita takkan pernah tahu apa yang akan kita dapatkan setelah melewati ujian itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *