Cerita Rakyat Lutung Kasarung Lengkap Dengan Gambar

Halo semuanya di kesempatan kali ini saya mau berbagi Cerita Lutung Kasarung yang pastinya dilengkapi dengan gambar agar yang membaca semakin senang dan tidak bosan. Yang akan saya bagikan disini adalah salah satu legenda yang ada di jawa barat, bagaimana keseruan kisah ini, yuk langsung saja kita simak bersama.

Cerita Rakyat Lutung Kasarung Lengkap Dengan Gambar

Zaman dahulu ada sebuah kerajaan bernama pasir batang yang dipimpin oleh prabu tama agung. Beliau adalah orang yang arif dan sangat bijak, sang raja memiliki 7 orang anak yang cantik jelita. Kelima anaknya sudah menikah dan menjadi permai suri di kerajaan lain dan sisa dua orang gadisnya yang belum menikah yaitu purba rarang dan purba sari.

Purba rarang sudah memiliki tunangan dari putra menteri kerajaan yang bernama Raden Indra Jaya yang wajahnya sangat tampan dan juga berbadan gagah. Sang prabu dari kerajaan pasir batang mulai megkhawatirkan dirinya yang semakin hari semakin tua, hingga ia harus memutuskan siapa yang pantas menjadi penerusnya.

Menurut adat yang ada seharusnya kerajaan diwariskan kepada purba rarang, namun sang raja khawatir karena sifat purba rarang yang tidak baik dan takut jika kerajaan jatuh di tangan orang yang salah. Ia lebih senang jika purba sari yang menggantikan tahtanya karena purba sari adalah orang yang bijaksana dan juga baik hati.

Dengan pertimbangan yang sangat berat akhirnya ia mewariskan tahtanya kepada purba sari, akan tetapi purba rarang tidaj setuju dengan keputusan ayahnya. Lalu ia bercerita kepada indra jaya sehingga muncul lah akal licik mereka untuk menyingkirkan purba sari dari kerajaan. Mereka meminta bantuan kepada dukun agar purba sari terkena penyakit. Saat malam hari tiba tiba seluruh tubuh purbasari di penuhi dengan penyakit kulit bintik-bintik hitam.

Penyakit itu tidak bisa disembuhkan oleh banyak tabib. Lalu purba rarang mengadu kepada ayahnya dan menghasutnya agar mengusir purba sari dari kerajaan dengan alasan takut kalau itu adalah penyakit menular. Lalu dengan berat hati sang raja mengusir atau mengasingkan purba sari dari kerajaan ke sebuah hutan.

Cerita Rakyat Lutung Kasarung Lengkap Dengan Gambar

Sejak saat itu purba sari tinggal di hutan bersama hewan hewan kecil yang menjadi temannya. Hewan hewan itu sangat baik dan sering membantu purba sari mencari buah-buahan untuk makan sehari-hari. Saat pergi ke hutan tiba-tiba ia menemukan seekor kera, ia merasa takut karena kera itu bisa bicara.

“Hai kamu jangan takut, aku ini adalah putra sunan abu dari khayangan yang terkena kutukan” ucap lutung itu kepada purba sari. Lalu akhirnya mereka menjadi berteman. Sejak saat itu purbasari memanggilnya dengan sebutan lutung kasarung yang memiliki arti lutung yang kesasar.

Purba sari sangat senang mendapat sahabat yang baik seperti lutung kasarung karena kemana saja ia pergi selalu ditemani oleh lutung kasarung. Pada suatu malam bulan purnama lutung kasarung bersemedi kepada yang maha kuasa agar dapat menyebuhkan penyakit yang diderita purba sari. Permintaannya dikabulkan tanah disekitarnya berubah menjadi telaga kecil. Air di telaga itu mengadung obat kulit yang sangat manjur, lalu ia menyuruh purba sari berendam dan mandi di telaga itu, dengan seketika penyakit purba sari menjadi sembuh.

Cerita Rakyat Lutung Kasarung Lengkap Dengan Gambar

Suatu hari sang pati kerajaan datang ke hutan untuk menjenguk purba sari, sang pati terkejut melihat purba sari yang sudah sembuh dan cantik kembali seperti dahulu, lalu sang patih mengajak ia pulang tapi purba sari menolaknya. Tetapi setelah di bujuk oleh patih dan di rayu oleh lutung akhirnya purba sari menerima ajakan patih untuk kembali ke kerajaan.

Kedatangan purba sari ke kerajaan di sambut oleh seluruh keluarga kerajaan kecuali purba rarang, ia khawatir kedudukannya sebagai calon ratu akan terancam. Lalu ia membujuk ayahnya untuk mengadakan sayembara apabila yang menang akan berhak mendapatkan kedudukan tahta kerajaan sedangkan yang kalah akan di hukum pancung. Sang prabu pun menyetujui peemintaan purba rarang.

Ini adalah hari dimana sayembara itu diadakan, perlombaan yang pertama adalah memasak, siapa yang paling cepat memasak dan masakannya paling enak akan dinyatakan sebagai pemenang. Perlombaan ini dimenangkan oleh purbasari dengan bantuan lutung kasarung yang mendatangkan bidadari untuk membantu purba sari tanpa terlihat oleh siapapun.

Perlombaan kedua adalah paling panjang rambutnya, purba sari tidak percaya diri untuk melepaskan sanggulnya, dengan bantuan bidadari saat melepas sanggul ia langsung mendapatkan rambut yang lebih panjang dari purba rarang dan rambutnya sangat lembut. Lalu perlombaan ketiga adalah menampilkan calon suami yang paling tampan, dengan bangga purba rarang memperkenalkan indra jaya yang memiliki wajah tampan.

Semua yang hadir dalam perlombaan itu mengakui ketampanan dan kegagahan indra jaya. Akan tetapi dengan sangat bangga purba sari memperkenalkan lutung kasarung sebagai calon suaminya. Purba rarang dan indra jaya tertawa melihat purba sari yang memperkenalkan lutung kasarung sebagai calonnya. Lutung kasarung marah dan kesal, lalu ia memohon kepada sang kuasa agar wujud aslinya di kembalikan seperti semula. Dalam sekejap lutung berubah menjadi manusia yang wajahnya melebihi ketampanan indra jaya.

Akhirnya perlombaan dimenangkan oleh purba sari, sesuai dengan perjanjian siapa yang kalah akan dihukum pancung, akan tetapi purba sari tidak ingin purba rarang di hukum dan mengizinkannya untuk tetap tinggal di kerajaan. Purba sari kini menjadi ratu dan memipin kerajaan dengan adil dan bijak sehingga rakyatnya menjadi makmur dan damai.

Selesai, itulah cerita lutung kasarung yang dapat kita ambil sebagai pelajaran janganlah menjadi orang yang iri dengan apa yang dimiliki orang lain. Hingga saat ini masih ada bukti sejarah dari kisah ini yaitu wisata dusun bambu yang berada di daerah bandung jawa barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *