Kisah Nabi Yunus Lengkap Dengan Gambar

Adik-adik semua tahukah kalian nabi yang ditelan oleh ikan paus ? Benar, itu adalah Nabi Yunus. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi kisah nabi yunus yang disertai dengan gambar agar kalian lebih senang membacanya. Ingat, gambar disini hanya sebagai ilustrasi saja ya, dan tidak ada unsur maksud apapun apalagi penghinaan. Yuk langsung saja kita mulai.

Kisah Nabi Yunus Lengkap Dengan Gambar

Nabi Yunus AS adalah seorang manusia yang sangat taat terhadap ajaran Allah. Beliau mengajak kaumnya menyembah Allah dan meninggal penyembahan terhadap berhala, melarang kemaksiatan dan kedurhakaan. Namun diantara banyak kaumnya itu hanya dua orang saja yang mau mengikuti ajaran nabi yunus yaitu Rubil dan Tanu.

Rubil adalah seorang yang alim dan bijaksana sedangkan Tanu adalah seorang yang tekun dan sederhana. Nabi Yunus telah memperingatkan kepada kaumnya jika kalian semua tidak bertobat dalam 40 hari maka kalian akan mendapatkan azab dari Allah. Kaumnya tidak memperdulikan semua perkataan nabi yunus dan malah berani menunggu serta menantang datangnya azab itu.

Kisah Nabi Yunus Lengkap Dengan Gambar

Nabi Yunus merasa putus asa atas perilaku kaumnya itu. Akhirnya ia pun pergi meninggalkan kaum dan tempat tinggalnya. Setelah lewat 40 hari tiba-tiba munculah awan gelap dipagi hari yang menyelimuti tempat tinggal kaumnya nabi yunus, dan siang harinya mereka melihat cahaya merah seperti api yang hendak turun dari langit. Semua orang menjadi ketakutan dan berbondong-bondong mencari Nabi Yunus AS namun mereka tidak menemui, Lalu mereka bertaubat dan menjalankan ajaran Nabi Yunus Sehingga Azab Allah tidak jadi diturunkan.

Kisah Nabi Yunus Lengkap Dengan Gambar

Nabi Yunus tidak tahu harus kemana, beliau tiba disebuah tepi laut dan akhirnya menumpang sebuah kapal. Saat dalam perjalanan di tengah laut, kapal mengalami goncangan yang sangat dahsyat seakan membuat kapal itu akan tenggelam dan diketahui juga dalam kapal itu terdapat banyak sekali barang dan juga orang yang melebihi kapasitasnya. Beberapa barang bawaan telah dibuang dan dilemparkan ke tengah laut tapi masih tetap saja kapal itu ingin tenggelam.

Kisah Nabi Yunus Lengkap Dengan Gambar

Lalu akhirnya nahkoda kapal menyuruh salah satu orang agar turun dari kapal itu dengan melakukan undian, jika namanya keluar dari undian itu maka harus turun dari kapal itu. Nama Nabi Yunus terus yang keluar sehingga membuat nabi yunus harus keluar dari kapal dan menceburkan diri ke tengah laut. Dengan kekuasaan Allah tiba-tiba Nabi Yunus di telan oleh ikan paus yang sangat besar.

Saat berada di dalam mulut ikan paus Nabi Yunus selalu berdoa kepada allah dan memohon ampun atas segala kesalahan yang telah ia perbuat. Namun setelah beberapa waktu akhirnya nabi Yunus tiba di tepi laut dengan kondisi pingsan dan terluka parah. Setelah kondisinya pulih, nabi yunus memutuskan untuk kembali ke kaumnya. Dengan rasa ragu dalam hati, saat tiba di tempat tinggal kaumnya itu ternyata kedatangan beliau disabut oleh seluruh kaumnya yang sudah bertaubat itu.

Itulah Kisah Nabi Yunus yang ditelan oleh ikan paus, semoga dari cerita ini kita mendapatkan pelajaran serta menambah keimanan kita dalam bertaubat dan berserah diri kepada Allah.